Sabtu, 28 Maret 2009

INDAHNYA PANTAI SUWUK

. Sabtu, 28 Maret 2009 .

INDAHNYA PANTAI SUWUK




Salah satu objek wiasta di Kabupaten Kebumen adalah Pantai Sukuh yang berlokasi di Puring. Selain Pantai Suwuk, Kabupaten Kebumen juga memiliki objek wisata yang indah lainnya, seperti Objek Wisata Benteng Van der Wijck, Pantai Karang Bolong, Pantai Logending Ayah, Gua Jatijajar, Gua Petruk, Objek Geology Karang Sambung dan Waduk Sempor. Sebuah potensi Pariwisata yang sangat menakjubkan.

Pantai Suwuk merupakan bagian dari Laut Selatan Samudra Indonesia, sebagaimana umumnya Pantai Selatan di Indonesia, ombak dari Pantai Suwuk ini tergolong tinggi dan besar. Sehingga wisatawan yang datang ke sana harus berhati-hati dan tidak mandi di air laut. Ketika saya dan kawan-kawan berkunjung ke sana, seorang kawan saya langsung mencari Youtuk (bukan Youtube, soalnya kalau Youtuk itu makanan dan kalau Youtube itu salah satu media streaming internet). "Rasane Youtuk itu enak tur ngangeni," kata kawan saya. Youtuk menurut orang sekitar memang makanan khas dari pantai, soalnya youtuk (binatang) nya sendiri itu hanya hidup di pasir. Setelah makan youtuk, enaknya mencicipi mendoan hangat dan segelas kopi di warung di sekitar pantai. Selain makanannya yang enak, di kawasan sini juga terdapat kamar mandi dan juga kolam renang khusus anak-anak, sehingga para orangtua tidak perlu khawatir kalau anak-anak mereka main di laut dan terseret ombak.

Di pantai ini, saya jadi teringat dulu paklik saya melarang saya dan saudara saya mandi di air, caranya dengan memberi sayembara untuk mengumpulkan Ndog Bledeg (Telur Petir). Mulanya saya tidak tahu apa itu Ndog Bledeg, ternyata itu sejenis buah dari pohon yang tumbuh di sepanjang pesisir pantai. Begitu sibuknya mencari Ndog Bledeg, kami jadi lupa mandi-mandi di laut yang memang ombaknya tidak stabil. Kadang ombak besar, kadang kecil. Mereka yang mendapat Ndog Bledeg paling banyak, hadiahnya kata Paklik saya bisa disayang sama kawan-kawan.

Sayangnya, seperti halnya Pantai-pantai di Indonesia, Pantai Suwuk ini kurang mendapat perhatian dari Dinas Pariwisata setempat, pantainya kotor dan tidak ada pengamanan baik untuk jiwa wisatawan (karena tidak ada Pengawas Pantai), dan pengamanan untuk Parkir. Padahal jika objek wiasata ini dikelola dengan baik seperti yang dilakukan oleh Pemda Bali untuk pantai Sanur atau Kute Bali, tentu hal ini akan meningkatkan jumlah wisatawan. Dan hal ini akan meningkatkan pendapatan daerah. Mudah-mudahan ke depan objek wisata ini mendapat perhatian tersendiri dari Pemda dan dinas terkait, sehingga Prioritas Kebumen Kota Pariwisata bisa terwujud.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Assalamu'alaikum, silakan tinggalkan pesan Anda untuk kami:

 
pkugombong.tk is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com