Jumat, 13 Maret 2009

Waspadai Penyakit di Musim Hujan

. Jumat, 13 Maret 2009 .

Waspadai Penyakit di Musim Hujan

Memasuki musim hujan, Dinas Kesehatan Surabaya mengimbau agar masyarakat mewaspadai datangnya penyakit musiman, Demam Berdarah Dengue (DBD) dan diare. Hal ini seiring dengan mulai masuknya musim hujan November dan Desember mendatang.

"Saat musim hujan, sebaiknya masyarakat pro aktif mewaspadai datangnya penyakit DB. Biasanya pada awal-awal pergantian musim, akan ada lonjakan pasien DB," kata Kepala Dinas Kesehatan Surabaya, Esti Martiana saat dihubungi detiksurabaya.com, Jumat (24/10/2008).

Esti menyarankan, agar masyarakat menjaga kebersihan dan terus menggalakkan pemberantasan sarang nyamuk. Pemberantasan sarang nyamuk akan berhasil dengan bantuan dan kesadaran masyarakat.

"Upaya pemberantasan sarang nyamuk jangan hanya di dalam rumah, tapi di luar rumah juga harus diperhatikan. Kami ingatkan supaya masyarakat melakukan gerakan 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur) untuk memberantas sarang nyamuk," tambahnya.

Selain rajin menjaga kebersihan, warga sebaiknya menjaga vitalitas tubuh dengan mengonsumsi makakan bergizi. Berbagai penyakit sering kali muncul di musim hujan karena terjadi perubahan cuaca dan kondisi lingkungan.

"Masyarakat akan aman dari serangan penyakit-penyakit kalau daya tahan tubuh kuat. Untuk itu, masyarakat diimbau mengonsumsi makakan yang bergizi dan bersih, serta istirahat cukup. Jangan lupa mencuci tangan dengan sabun di air mengalir sebelum dan sesudah beraktivitas," tegasnya.

Sumber: detikcom

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Assalamu'alaikum, silakan tinggalkan pesan Anda untuk kami:

 
pkugombong.tk is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com