Kamis, 02 April 2009

Banana Lesson

. Kamis, 02 April 2009 .


Banana Lesson


Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik. (Al Hadiid: 16)


Suatu hari, aku dan kawanku makan siang di sebuah warung kampus. Pada saat temanku makan pisang tiba-tiba ia terdiam. Ku pikir ia tersedak. “Kenapa?” tanyaku pada kawanku.


“Apa kamu tersedak?” tanyaku kembali.


“Tidak,” sahut kawanku, “Sahabatku, menurutmu jika engkau membeli pisang, mahal mana antara 1 buah pisang dengan 1 tundun pisang?”


“Kamu lucu ya,” kataku, “Ya tentu saja mahal pisang 1 tundun.”


Kawanku berkata, “Padahal dalam pisang 1 tundun, ada pisang yang masak, ada yang belum masak, bahkan mungkin masih hijau. Namun semuanya menjadi mahal harganya jika disatukan dalam 1 tundun. Jika pisang itu dijual terpisah, tentu saja yang tidak masak, yang hijau atau yang busuk tidak akan ada harganya. Apakah aku benar sahabat?”


“Ya, itu benar.”


Kawanku terdiam sejenak, kemudian ia meneruskan lagi, “Itulah gambaran sholat berjamaah. Allah menghitung semuanya, dalam jamaah itu ada yang khusyu, ada pula yang tidak, ada anak-anak yang tidak mengerti bacaan sholat dan lain-lain. Namun mereka dihargai lebih. Bayangkan jika kita sholat sendirian, kadang tidak khusyu, kadang dalam sholat teringat macam-macam dan lain-lain. Kira-kira ada tidak ya harga sholat kita? ”


Aku termenung mendengar ucapan kawanku. Memang benar apa yang dikatakannya. Ingatanku kembali kapada waktu-waktu di mana aku selalu meremehkan panggilan adzan, atau aku merasa kesal saat muadzin mengumandangkan adzan padahal saat itu aku sedang asyik menonton tv, atau aku selalu mengulur wudhu ku. Nanti dan nanti. Terimakasih Ya Allah atas pelajaran buah pisang.


www.meditasimendoan.co.cc

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Assalamu'alaikum, silakan tinggalkan pesan Anda untuk kami:

 
pkugombong.tk is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com