Kamis, 30 September 2010

WASPADALAH PADA MUSIM PANCAROBA

. Kamis, 30 September 2010 .

Di musim pancaroba suhu udara sering berubah-ubah, tiba-tiba panas,dingin,lembab,dsb.Perubahan udara dan temperatur sedikit banyak berpengaruh pada tubuh, karena tubuh kita otomatis akan berusaha keras menyesuaikan dengan temperatur sekitar. Saat itu pula imunitas (daya tahan tubuh terhadap penyebab penyakit) kita berkurang, yang seringnya menyebabkan orang sakit di musim pancaroba.
Selain itu temperatur yang berubah-ubah adalah salah satu kondisi yang memacu virus dan bakteri untuk lebih cepat berkembang biak.Jadi tidak heran lebih banyak orang terserang penyakit di musim pancaroba dibanding di musim yang temperaturnya relatif stabil. Biasanya penyakit yang menyerang pada musim pancaroba adalah flu, batuk pilek, Diare, ISPA, dan DBD. Dan penyakit ini banyak menyerang anak-anak. Untuk itu memperhatikan kondisi fisik anak-anak setiap hari penting sekali sebagai antisifasi menahan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.
Kemunculan penyakit-penyakit tersebut kasusnya menjadi tinggi pada awal perubahan musim pancaroba disebabkan juga banyaknya bakteri atau virus yang mencemari lingkungan sekitar kita ditambah menurunnya daya tahan tubuh atau stamina kita pada musim peralihan atau pancaroba.
Yang perlu kita perhatikan bersama adalah pola makan yang sehat, dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan teratur misalnya : karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Istirahat yang cukup dan sempatkan berolah raga secara rutin. Jaga emosi kita karena dengan belajar menahan emosi secara tepat, kita dapat terhindar dari dampak negatif stres seperti sulit tidur, nafsu makan berkurang, yang pada akhirnya mempengaruhi daya tahan tubuh. Perbanyak minum air putih mineral 8 gelas sehari, menjaga kebersihan makanan dan minuman, dan kebersihan lingkungan dengan memberantas lalat, nyamuk, kecoa, dan semut.
Sekilas kita mengingat para korban yang yang saat ini masih tinggal di tenda pengungsian akibat gempa bumi yang memporak porandakan sebagian wilayah di Jawa Barat ataupun Sumatera, dimana banyak korban nyawa berjatuhan membuat kita yang melihatnya merasakan penderitannya saat ini. Mungkin mereka tidak menyadari lagi tentang hidup sehat dan pola makan teratur dengan tinggal di tenda pengungsian pun dan mendapat bantuan dari berbagai pihak merasa bersyukur masih ada yang memperhatikan.
Sementara banyak anak-anak juga yang merindukan suasana nyaman di tempat tinggalnya tanpa mengetahui peralihan musim yang cukup membahayakan kondisi kesehatannya. Berbagai fasilitas yang belum berfungsi dengan baik seperti wc umum, dan sekolah pun masih menjadi harapan anak-anak, tapi rasa trauma yang saat ini masih menghantui para korban terlebih anak-anak menjadi pusat perhatian dari pihak medis khusunya psikolog.
Dibalik semua bencana yang telah terjadi, semoga menjadi lebih sabar dalam menghadapinya dan kembali bisa melanjutkan hidup normal seperti biasa. Masalah pancaroba atau perubahan iklim yang saat ini tengah terjadi karena memasuki musim penghujan jangan menjadi sesuatu yang sangat ditakutkan, tapi yang penting berusaha hidup sehat dan optimis menghadapi masa yang akan datang.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Assalamu'alaikum, silakan tinggalkan pesan Anda untuk kami:

 
pkugombong.tk is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com